Pinhole

Kata yang bikin orang mengartikan antara positif dan negatif, ini hanya kata pemula yang menyebutkan ilmu fotografi masa lalu yang mengunakan ruang gelap sebagai media dan lubang yang sekecil jarum sebagai lensanya.

Secara prinsip pengunaan kamera yang paling murah di dunia ini sangat bermanfaat dan tidak di boleh di sepelehkan oleh penghobi fotografi yang lebih cangih dan tentunya lebih mahal, karena ketika melihat cara pengunaan yang di praktekan oleh ahli, ternyata prinsip pengunaan tidak ada ketetapan baku.

Berawal dari gresik dapatlah ilmu fotografi yang sudah ada dari jaman dulu namun ramai di indonesia beberapa tahun kebelakang, teman blogger yang sudah senior tenyata memilik ilmu pinhole dari belajar beberapa tahun di kota bandung, kota pertama kali di indonesia yang mempratekan pinhole dalam dunia fotografi.

Pertama kali belajar pinhole di pelataran monumen tugu pahlawan surabaya, dengan mengambil panorama perjuangan di sekitar monumen. dengan meneteng kaleng rokok yang sudah di setting sedemikian hingga menjadi kamera.

Pengorbanan untuk memperoleh hasil gambar yang bagus sungguh tak mudah ini terihat dari kawan-kawan yang berjemur di bawah terik matahari sambil berjongkol, sungguh dasar ilmu fotografi ini memberikan pesan untuk ku ” fotografi adalah keindahan yang tak ada ukuran sempurnanya “.

Barang kali kalau ada acara workshop di kota  anda, mari ikut meramaikan acara syukur – syukur menjadi peserta yang mau belajar dasar – dasar fotografi yang membuat ada heran karena dalam ilmu digital tidak didapat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: